TUGAS HUMAS 3
TUGAS HUBUNGAN MASYARAKAT
Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur Dari Mata Kuliah Hubungan Masyarakat
OLEH :
Noviana Maharani 098554206
Nina Ekawati 098554218
Lily Septia Ekawati 098554221
Yenta Cholilah 098554234
PE ADPER 09 B
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN S1 PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah suatu hal yang sangat diperlukan bagi semua anak-anak bangsa untuk mencapai cita-cita bangsa indonesia yaitu memajukan kesejahteraan rakyat. Untuk mencapai cita-cita dari tahun ketahun dibutuhkan adanya kualitas para penerus bangsa yang baik dan bertanggung jawab. Pendidikan bisa ditempuh melalui pendidikan formal ( wajib belajar 12 tahun ) dan pendidikan informal. Pendidikan formal dilakukan di sekolah di tingkat Taman Kanak – Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas. Sedangkan pendididikan informal dilakukan di lembaga bimbingan belajar dan home schooling. Saat ini, banyak konflik di bidang pendidikan salah satunya adalah guru yang mengajar di sekolah tidak sesuai dengan ijazah S1 yang telah ditempuhnya sehingga nantinya akan berdampak pada peserta didik yang diajarnya. Oleh karena itu, pemerintah perlu menindaklanjuti adanya konflik ini dengan memberikan kualitas guru yang benar – benar sesuai dengan bidang pendidikan pada berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas.
Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan merupakan jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama ( atau sederajat ). Sekolah Menengah Kejuruan ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau langsung bekerja. Pelajar SMK umumnya berusia 16-18 tahun.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana pencitraan kehumasan di Sekolah Menengah Kejuruan Wijaya Putra?
TUJUAN
Untuk mengetahui pencitraan di Sekolah Menengah Kejuruan Wijaya Putra.
BAB II
PEMBAHASAN
1. GAMBARAN UMUM SEKOLAH
SMK Wijaya Putra merupakan sekolah kejuruan yang sudah memiliki ISO. Dengan berbagai teknologi multimedia di sekolah tersebut menjadikan sekolah ini memprioritaskan teknlogi IT sebagai penunjang belajar siswa. SMK Wijaya Putra ini berlokasi di Jl. Raya Benowo 1 - 3 Surabaya - Jawa Timur, Telepon: +62-031-7404404, 7413061, Fax: + 62-031-7458343, 7404405, Email: smk.wijayaputra@yahoo.com, Web: www.smkwijayaputra.sch.id. Sebagai lembaga yang berkualitas, SMK Wijaya Putra berusaha menciptakan kultur sekolah yang kondusif sehingga semua komponen sekolah termotivasi untuk berkolaborasi mengembangkan budaya belajar dan layanan akademik yang baik.
Pada tahun akademik 2011/2012 SMK Wijaya Putra memberi kesempatan kepada siswa tamatan/lulusan SMP tahun 2011 untuk menjadi siswa SMK Wijaya Putra melalui seleksi.
Pada tahun pelajaran 2011/2012 SMK Wijaya Putra menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk kelas X, XI, dan XII, yang mengacu pada Kurikulum 2004 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional
2. VISI DAN MISI SEKOLAH
Visi :
Terwujudnya Siswa Yang Cerdas, Terampil, Berbudi Pekerti Luhur dan Berwawasan Internasional
" To be Formed Smart, Competent and Good Behaviour Students "
Misi :
- Mengembangkan organisasi dan manajemen.
- Mengembangkan kurikulum, KBM, dan sistem evaluasi.
- Mengembangkan ketenagaan kompeten dan berwawasan internasional.
- Mengembangkan fasilitas / sarana pendidikan yang bertaraf internasional.
- Mengembangkan pembinaan kesiswaan.
- Mengembangkan lingkungan pendidikan.
- Mengembangkan hubungan kerja sama industri lokal maupun global.
- Mengembangkan unit produksi
3. TUJUAN SEKOLAH
· Tahun 2010 siswa memiliki kompetensi penguasaan konsep untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar sehingga mampu berkompetisi ditingkat nasional.
· Tahun 2010 siswa mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.
· Tahun 2010 siswa mampu membangun kebiasaan yang aktif untuk mencari informasi menggunakan teknologi informasi.
· Tahun 2010 sekolah memiliki sarana dan prasarana penunjang PBM yang lengkap.
· Tahun 2010 sekolah memiliki guru dan tenaga pendukung yang handal untuk mendukung seluruh manajemen sekolah.
· Sekolah memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh warga sekolah, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
· Siswa memiliki, mengaplikasikan dan meningkatkan nilai-nilai ketuhanan serta nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dalam kehidupannya
4. PROGRAM KEAHLIAN
AKUNTANSI
· Menyusun laporan keuangan
· Melakukan entry data
· Melakukan pembukuan
· Melakukan administrasi perkantoran
· Melakukan perpajakan
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
· Tune up
· Over houl
· Kelistrikan motor & mobil
· Perawatan & perbaikan body mobil
· Sistem EFI
MULTI MEDIA
· Design grafis
· Animasi 2 dimensi
· Web designer
· Database Php & MySql
· Editing Audio
· Editing Video
· Animasi 3 dimensi
· Effect video professional
5. PRAKERIN
DAFTAR TEMPAT PRAKTIK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN ) :
AKUNTANSI
· PT. Indoprima Engineering
· PT. MCI Prima Gasket
· PT. Indowire Prima Industrindo
· PT. Matahari Sakti
· PT. Pelindo III
· Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
· Ditjen Bea Cukai
· Kantor Pajak "Dorando"
· Badan Pertanahan Nasional
· Universitas Wijaya Putra
MULTIMEDIA
· Hi-Tech Mall ( R. Workshop )
· Akeno Digital Printing
· Neo Imago Digital Printing
· Indo Grafika
· Majalah Mentari
· Majalah Posmo
· Matahati Advertising
· Unique Pixel
· Nusantara Advertising
· Studio Graph
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
- PT. Toyota Astra, Tbk.
- PT. Indomobil
- PT. Astra Internasional, Tbk.
- PT. Eldimo Prima
- PT. Con Blok Astra " Daihatsu "
- PT. Utomo Motor Honda
- AHASS Honda Motor
6. GREEN AND CLEAR
Program Green and clean ini merupakan program rintisan. Sebagai bagian upaya penghijauan dan kebesihan di Kota Surabaya. "Rencananya program green and clean akan dilaksanakan di kantor-kantor hingga kampung. Sekarang ini banyak yang usul supaya green and clean dilaksanakan di kantor-kantor pemerintah serta di sekolah-sekolah.” Untuk itu SMK Wijaya Putra Surabaya juga turut berperan serta melaksanakan program green and clean ini baik di lingkungan intern sekolah maupun ekstern sekolah. Secara intern SMK Wijaya Putra Surabaya melakukannya di hari Jum\'at dengan memberikan motivasi kepada siswa baik secara kelompok maupun perkelas yang dibimbing oleh seorang guru yang bertindak sebagai wali kelas untuk mengadakan sebuah proyek green and clean yang dipadukan dengan penilaian dengan menggunakan program pendidikan budi pekerti untuk membelajarkan ke siswa bagaimana cara bekerjasama dengan teman, bersosialisasi, peduli sesama, berdisplin, bertanggung jawab, sadar akan kebersihan lingkungan dan keindahannya. Sedangkan secara ekstern siswa diajak oleh wali kelas untuk melakukan kegiatan bakti sosial dengan melakukan penanaman seribu pohon ataupun bekerjasama dengan pihak tertentu untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.
7. PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
Program Pendidikan Budi Pekerti yang dikembangkan oleh : Prof. H. Saleh Soegiyanto, M.Sc., Ph.D dan Dr. H. Indra Prasetyo, MM. yang dilaksanakan di lingkungan sekolah SMK Wijaya Putra Surabaya berlatar belakang dari faktor utama penyebab keterpurukan ekonomi bangsa Indonesia yaitu banyak pemimpin yang tidak jujur, lebih mementingkan diri sendiri dari pada rakyat yang dipimpinnya. Banyak pemimpin yang pintar, tetapi sedikit yang jujur dan bertanggung jawab, serta perlunya dirancang penyelenggaraan pendidikan yang seimbang antara aspek intelektual dan aspek budi pekerti.
Apa itu Pendidikan Budi Pekerti ...?
Pendidikan Budi Pekerti adalah : “ Learning about shared beliefs and values, Moral issues in daily interactions, Instruction, Curriculum and assessment based on core values “ Character Education Development Center of Florida State University, Tallahassee, Florida, 2003. Pendidikan Budi Pekerti adalah gerakan untuk menciptakan sekolah yang mampu membentuk etika, tanggungjawab, dan kepedulian peserta didik dengan cara pemberian contoh dan pengajaran sikap yang dapat diterima secara universal. Pendidikan Budi Pekerti bukanlah suatu pekerjaan yang langsung jadi. Pendidikan Budi Pekerti merupakan proses berkelanjutan bagi anak didik oleh seluruh komponen mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat.
Mengapa kita membutuhkan Pendidikan Budi Pekerti...?
Pendidikan memiliki dua tujuan: menjadikan anak didik memiliki pengetahuan dan menjadi baik. Untuk dapat memenuhi kedua tujuan tersebut, selain diberikan pendidikan akademik juga dibutuhkan pendidikan budi pekerti sebagai landasan pengembangan diri dan landasan dalam berhubungan dengan orang lain sesuai dengan prinsip-prinsip kehidupan yang dapat diterima masyarakat.
Apa sasaran dari Pendidikan Budi Pekerti...?
- Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang berkontribusi dalam pengembangan Budi Pekerti mereka seperti jujur, perhatian, bertanggung jawab
- Memahami tradisi keluarga dan mengetahui nilai-nilai yang dapat meningkatkan kebersamaan dalam keluarga seperti: cinta, perhatian, bertanggung jawab pada setiap anggota keluarga, hormat pada setiap anggota keluarga dan menjunjung nama keluarga
- Memahami prinsip-prinsip kerjasama dan mampu bekerja sama dengan baik di sekolah dan lingkungannya.
- Memahami beberapa hal yang penting dalam sebuah komunitas dan dapat berkontribuasi pada komunitas.
- Memahami perbedaan suku, agama dan ras.
- Perhatian pada nilai-nilai sebagai warga negara yang baik.
Perlu adanya nilai-nilai (pilar) dalam pendidikan budi pekerti yang menjadi dasar pemahaman dan pengembangan serta dasar tindakan seluruh komponen sekolah yaitu:
- Dapat dipercaya
- Bertanggung jawab
- Menghormati
- Fairness
- Peduli
- Warga yang baik
Penilaian dan Evaluasi
Sebagai sarana pengembangan Budi Pekerti siswa/peserta didik, sekolah perlu untuk menilai seberapa banyak dan seberapa baik siswa/peserta didik melakukan tindakan tindakan yang ditetapkan dalam program pendidikan budi pekerti yang diberikan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan budi pekerti siswa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:
- Pengamatan perilaku.
- Respon personal dan penyelesaian proyek proyek kelompok baik di dalam maupun diluar kelas
Kegiatan-kegiatan sederhana yang dapat merefleksikan pemahaman siswa/peserta didik pada prinsip-prinsip yang diajarkan melalui perilaku.
8. EKSTRAKURIKULER SEKOLAH
Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran. Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK WIJAYA PUTRA diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:
|
9. PENCITRAAN TERHADAP SEKOLAH
Guru bagian humas di SMK Wijaya Putra Pada SMK WIJAYA PUTRA sudah memiliki akreditasi A. SMK WIJAYA PUTRA telah mengadakan program fullday school untuk memaksimalkan kwalitas dan kwantitas sekolah. Adapun masih banyak program yang akan diadakan untuk tahun depan. Di SMK WIJAYA PUTRA ini juga mengadakan program beasiswa untuk siswanya yang berprestasi jika salah satu siswa / siswi mendapatkan ranking 1 (satu), maka secara otomatis akan mendapatkan beasiswa sebesar 100.000 per bulan selama 6 bulan.
10. SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH
· Lapangan basket
· Lapangan futsal 2
· Lapangan voly
· Perpustakaan
· Laboratorium biologi
· Laboratorium fisika
· Laboratorium kimia
· Laboratorium bahasa inggris 2
· Laboratorium computer 2
· Laboratorium akutansi
· Laboratorium kewirausahaan
· Laboratorium untuk teknik kendaraan
· Laboratorium multi media
· Produksi multi media
· Kantin 2 komplek
· Parkir 3 area
· Tempat khusus untuk pembawa laptop
· Tempat fotocopy
· Aula
· Ruang OSIS
· Koperasi
· Joglo
BAB III
PENUTUP
SIMPULAN
SMK WIJAYA PUTRA merupakan Sekolah Menengh Kejuruan swasta yang telah terakreditasi A. Dalam sekolah tersebut system pembelajarannya banyak menggunakan teknologi multimedia. Dengan berbagai teknologi multimedia di sekolah tersebut menjadikan sekolah ini memprioritaskan teknlogi IT sebagai penunjang belajar siswa. Pendidikan berbasis ICT ditandai dengan dimanfaatkannya banyak teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuknya yang nyata adalah berkembangnya pembelajaran melalui e-learning atau online course. Sehingga hambatan dalam kegiatan belajar mengajar menjadi berkurang.
SARAN
Dalam hal ini SMK WIJAYA PUTRA diharapkan bisa mengembangkan prestasi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dan program beasiswanya lebih ditingkatkan lagi untuk anak-anak berprestasi sehingga siswa bisa termotivasi dalam meningkatkan belajarnya, selain itu juga bisa menciptakan suatu citra baik bagi sekolah tersebut dilingkungan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar